Jumat, 03 Agustus 2018

Si Doel (dari Si Doel Anak Sekolahan hingga Si Doel the Movie)


Si Doel ada lagi !!! Yup, serial tv favorit pada era 90an ini bakal muncul lagi, tapi bukan dalam bentuk serial tv melainkan layar lebar.

Mungkin banyak yg lupa atau belum tau bagaimana jalan cerita antara serial Si Doel Anak Sekolahan (SDAS) hingga ke Si Doel the Movie (SDM), mengingat sudah cukup lama juga Si Doel vakum. Meskipun masih ada tayangan ulangnya di RCTI, namun tidak semua ditayangkan secara full.

Si Doel Anak Sekolahan

Diawali oleh Si Doel Anak Sekolahan (SDAS). Serial tv yg tayang sejak 1994 di RCTI ini merupakan versi modern dari novel dan film Si Doel Anak Betawi.

Bercerita tentang keluarga Betawi yg masih memegang teguh nilai-nilai tradisional ditengah laju modernisasi kota Jakarta. Kasdulah alias Doel (Rano Karno) anak pertama dari Sabeni alias Babeh (Benyamin S) seorang supir oplet, yang menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Doel mempunyai ibu bernama Lela/Mak Nyak (Aminah Cendrakasih), seorang ibu rumah tangga yg membantu ekonomi keluarga dengan berjualan di warung depan rumahnya. Selain itu Zaitun/Atun (Suti Karno), adik perempuan Doel-yg hanya menempuh pendidikan dasar lantaran keterbatasan biaya-dikenal sebagai gadis tomboy. Kebiasaannya bermain layangan kerap kali diprotes oleh Babeh dan Mak Nyak.

Mandra, mamang/paman dari Doel. Adik dari Mak Nyak yg berprofesi sebagai kenek oplet. Mandra mempunyai seorang pacar bernama Munaroh (Maryati).

Di Season pertama nya, SDAS tayang sebanyak 6 episode. Menceritakan kisah Doel yg berusaha menyelesaikan kuliahnya, hingga pada akhirnya berhasil meraih gelar insinyur.

Di season inilah Doel pertama kali bertemu dengan Sarah (Cornelia Agatha), gadis blasteran Belanda yang ternyata merupakan sepupu dari sahabat Doel di kampus, Hans (Adam Stardust). Berawal dari insiden tabrakan antara mobil Sarah dengan oplet Doel, perkenalan diantara keduanya berlanjut. Sarah tertarik menjadikan Doel dan keluarganya sebagai nara sumber untuk skripsi nya, namun hal tersebut sempat ditentang oleh Hans, lantaran khawatir Doel akan tersinggung.

Si Doel Anak Sekolahan 2
Sukses di season perdana, SDAS diproduksi kembali di tahun yg sama. Tayang lebih panjang sebanyak 26 episode, membuat cerita dan konflik yg disuguhkan menjadi lebih luas. Di season kedua ini karakter Zaenab (Maudy Kusnaedi) pertama kali dihadirkan. Selain masih menceritakan tentang Doel dan keluarganya, SDAS s2 juga menghadirkan serta memperluas peran dari karakter-karakter pendukung yg mampu menghidupkan serial Si Doel menjadi lebih segar dan jauh lebih lucu. Diantaranya karakter pak Bendot mertua mas Karyo (Basuki), Rochim (Tb. Maulana Husni), Ipah (Hj. Tonah), kong Ali (pak Tile), Rodiyah (Hj. Nacih), Kasiman (Ahong), Andre (Andre Setiawan) dan Roy (Djoni Irawan).

Diakhir SDAS s2 ini, diceritakan Sarah yg baru pulang dari Belanda mengajak Doel dan keluarganya berlibur ke Anyer.

Si Doel Anak Sekolahan 3
Pada Season 3, SDAS kehilangan sosok Benyamin S dikarenakan beliau meninggal dunia. Di dalam serial nya dikisahkan sosok Babeh meninggal setelah mengalami kecelakaan sehabis pulang dari Anyer. Meskipun kehilangan salah satu karakter utamanya, SDAS s3 tetap mampu mengembangkan jalan ceritanya menjadi lebih menarik dengan tayang lebih panjang sebanyak 38 episode.

Di SDAS s3 ini, Doel dan keluarganya berusaha untuk bisa bertahan dari kesulitan ekonomi sepeninggal kepergian alm. Sabeni. Mengingat Doel yg masih belum mendapat pekerjaan ditambah tanggung jawab sebagai kepala keluarga yg kini diembannya. Selain itu, hubungan antara Doel dengan Sarah dan Zaenab yg semakin menarik dengan konflik-konflik diantara ketiganya. Ditambah, munculnya beberapa karakter baru seperti Lala (Sindy Dewiana), pak Salim (Nazar Amir) dan Nunung turut menambah keseruan serial ini. Terlebih kehadiran Nunung yg jadi pujaan hati bang Mandra setelah kisah cintanya dengan Munaroh kandas.

Diakhir season, dikisahkan bahwa Doel yg baru diterima kerja ditunjuk oleh perusahaan untuk berangkat ke Swiss selama 3 bulan. Bisa dibilang season 3 menjadi salah satu season terbaik dari serial SDAS.

Ada beberapa bintang tamu yg turut terlibat dalam SDAS s3 ini, diantaranya Roni Sianturi, Triawan Munaf, dan Raka yg tidak lain merupakan anak dari Rano Karno sendiri.

Si Doel Anak Sekolahan 4
Sepulang dari Swiss, Doel masih harus menunggu penempatan dari perusahaan tempatnya bekerja. Sembari menunggu, ia mengisi waktu dengan mengurus oplet tuanya.

Di season ini diceritakan hubungan Doel dan Sarah sedikit merenggang, lantaran Sarah kecewa dengan Doel yg diam-diam memberikan oleh-oleh untuk Zaenab. Selain itu kisah asmara bang Mandra yg selalu apes lantaran Nunung yg kembali ke Jakarta didekati oleh Urip, supir Angkot yg mengantar pak Bendot dan Nunung saat tiba di Jakarta.

Tayang sebanyak 11 episode, SDAS diakhiri dengan adegan Doel menemui Sarah yg akan berangkat ke Belanda. Ditengah hujan, keduanya berpelukan sebelum akhirnya berangkat menuju Bandara.

Si Doel Anak Sekolahan 5
Selepas kepergian Sarah ke Belanda, Doel mulai disibukkan dengan pekerjaannya. Selain itu, meninggalnya kong Ali kembali menghadirkan duka bagi keluarga Doel.

Selain kabar duka, kabar bahagia juga datang dari Atun yg dalam waktu dekat akan segera melangsungkan pernikahan dengan mas Karyo. Disamping itu, Doel kembali mendapat penugasan dari kantornya, kali ini ke Kalimantan untuk jangka waktu yg lama.

Dipenghujung season, pada saat pernikahan mas Karyo dengan Atun, Sarah mengutarakan keinginannya untuk bisa terus bersama Doel, kemudian dilanjutkan dengan berpelukan dan disambut tepuk tangan riuh keluarga dan kerabat Doel.

Sejak season 5, SDAS tayang di Indosiar sebanyak 33 episode.

Si Doel Anak Sekolahan 6
Doel berniat melamar Sarah. Mengingat ia akan ditugaskan ke Kalimantan untuk waktu yg lama, membuatnya berpikir untuk membawa hubungannya dengan Sarah ke tahap yg lebih serius.

Setelah berdiskusi dengan Mak Nyak, Doel memutuskan meminta bantuan ncang Rochim untuk melamarkan Sarah. Akan tetapi ncang Rochim menolak permintaan Doel lantaran demi menjaga perasaan Zaenab, anaknya.

Sementara itu, Zaenab yg sedang dekat dengan Henry secara mendadak diminta menikah. Hal ini dilakukan mengingat kondisi ibu Henry yg semakin memburuk dan akan segera melakukan pengobatan di luar negeri.

Hubungan Doel dan Sarah kembali renggang selepas menghadiri pernikahan Zaenab. Sarah menilai Doel tidak jujur karna sempat menemui Zaenab sebelumnya, tanpa sepengetahuannya. Mengetahui hal ini, Atun dan mas Karyo berinisiatif menemui Sarah dirumahnya dan menjelaskan duduk permasalahan yg sebenarnya.

Doel batal ditugaskan ke Kalimantan, namun niatan untuk meminang Sarah tetap dilanjutkan. Doel pun datang menemui Sarah untuk meminta maaf serta mengutarakan niatnya untuk menikahi Sarah.

SDAS s6 tayang sebanyak 10 episode. Diakhir season Doel dan Sarah menikah dengan pesta resepsi yg megah.

Si Doel Anak Gedongan (Season 7)
Season ke 7 dari serial si Doel berjudul Si Doel Anak Gedongan (SDAG). Disini Doel diceritakan sudah hidup mapan dengan tinggal di rumah mewah, mobil yg bagus, serta jabatan tinggi di perusahaan.

Sementara itu, Mak Nyak kini tinggal berdua bersama Mandra yg sudah menjadi juragan kontrakan. Lalu Atun yg sudah memiliki putra tinggal terpisah bersama mas Karyo di rumah kontrakan.

Sarah yg tengah hamil menjadi sangat posesif, hal ini membuat Doel kewalahan sampai-sampai mengganggu pekerjaannya. Disamping itu, Zaenab yg juga tengah hamil menghadapi masalah dengan sikap suaminya yg berubah pasca meninggalnya sang ibu.

Doel yg masih peduli dengan Zaenab justru menyebabkan kecemburuan pada Sarah. Puncaknya, Sarah pergi meninggalkan rumah setelah tau Doel mengantar Zaenab ke rumah sakit. Sarah mengetahui hal tersebut setelah ditelepon oleh seseorang yg ternyata adalah ncing Ipah, ibu dari Zaenab.

Mengetahui Sarah pergi, Doel pun bergegas mencari keberadaan Sarah yg pergi entah kemana. Sampai akhirnya Doel dihubungi seseorang yg mengaku mengetahui keberadaan Sarah. Doel pun datang menemui orang tersebut yg tidak lain adalah Roy, dari sanalah Doel tau bahwa Sarah pergi ke Belanda.

Si Doel Anak Pinggiran (FTV)

6 tahun setelah kepergian Sarah ke Belanda, kehidupan Doel kembali seperti semula. Setelah sebelumnya kehilangan pekerjaan serta diusir oleh mertuanya, lantaran menganggap Doel sebagai penyebab perginya Sarah ke Belanda.

Kini Doel hanya menggantungkan hidup sebagai montir panggilan. Sementara itu kondisi Mak Nyak yg tengah sakit membuatnya tidak leluasa beraktifitas, sehingga membutuhkan bantuan dari Atun dan bang Mandra. Selain itu, Atun juga disibukkan dengan mengurus anak semata wayangnya, Kurtubi. Selepas mas Karyo meninggal, Atun hidup menggantungkan penghasilan dari warung.

Doel kerap memimpikan seorang anak kecil yg nyaris tenggelam di pantai. Hal itu membuat Doel gelisah hingga memutuskan untuk pergi menenangkan dirinya. Ternyata Doel mendapati peristiwa yg sama seperti pada mimpinya ketika sedang pergi. Doel menyelamatkan seorang anak yg nyaris tenggelam itu.

Sementara itu, Zaenab yg kini hidup menjanda selepas bercerai dengan Henry, kerap datang menjenguk Mak Nyak. Hal tersebut membuat Mak Nyak menginginkan Zaenab menikah dengan Doel, lantaran Sarah yg tidak kunjung pulang selepas kepergiannya beberapa tahun yg lalu. Hal senada juga diungkapkan ncang Rochim kepada Doel, mengingat kondisinya yg sudah tua dan sakit-sakitan, ia berharap Doel mau menikahi Zaenab sehingga bisa menjaga Zaenab dikemudian hari.

Singkat cerita, setelah mendapat restu dari Mak Nyak serta ncang Rochim, Doel dan Zaenab melangsungkan pernikahan secara sederhana, diiringi tangis Ahong yg untuk kedua kalinya kehilangan Zaenab yg menikah dengan pria lain.

Pasca menikah dengan Zaenab, Doel dihubungi oleh ibunya Sarah untuk datang ke rumahnya. Disana, Doel dipertemukan dengan anak yg sempat ditolongnya saat di pantai. Disanalah Doel diberitau bahwa anak tersebut merupakan putranya.

Si Doel the Movie

Si Doel the Movie, judul yg dipakai untuk film si Doel kali ini. Di Film ini, Doel diceritakan pergi ke Amsterdam, Belanda, bersama bang Mandra atas permintaan Hans, sahabat lama Doel yg sekaligus sepupu dari Sarah. Disana jugalah akhirnya Doel bertemu kembali dengan Sarah yg kabur karena cemburu dengan Zaenab.

Bagaimanakah kelanjutannya? Penasaran? Tonton aja langsung filmnya hehehe..

***

Catatan :  Selama penayangan serial SDAS banyak yg menginginkan Doel jadi dengan Sarah. Doel dianggap cocok dengan Sarah meskipun memiliki perbedaan karakter yg mencolok. Perbedaan ini yg sempat diungkapkan Doel kepada Sarah di SDAS s3. Meskipun begitu, pada akhirnya Doel tetap memilih Sarah untuk menjadi pendamping hidupnya.

Buat saya dan mungkin bagi anda juga, SDAS s6 adalah penutup yg manis untuk serial SDAS, dimana Doel pada akhirnya menikah dengan Sarah.
Namun, cerita Si Doel menjadi jauh lebih rumit di Si Doel Anak Gedongan (SDAG). Si Doel seperti kehilangan karakternya, yg sebelumnya sederhana dan menggambarkan keseharian berubah menjadi penuh dengan konflik dan kemewahan.

Gak gampang mengembalikan jalan cerita Si Doel menjadi seperti sebelumnya. Ibarat kata, SDAG seperti sebuah perang, kemudian SDAP (FTV) adalah keadaan pasca perang dimana ada kegetiran juga kesedihan didalamnya.

Hadirnya Si Doel the Movie diharapkan dapat mengobati kerinduan serta menjawab pertanyaan tentang; bagaimana kelanjutan dari kisah cinta Doel dengan Sarah? Akankah menghadirkan kebahagiaan atau justru kekecewaan?

31 komentar:

  1. Moga Si Doel The Movie 2 Durasi nya lbh panjang..

    BalasHapus
  2. mantap ...

    semoga kembali kepada cinta sejati nya ...

    BalasHapus
  3. SeaSon 5 tidak tayang😂😪

    BalasHapus
  4. Cari di mana season 5, mo nonton nih ..!

    BalasHapus
  5. So doel the movie selanjutnya kapan di buat lagi. Aku berharap doel kembali ke sarah aja supaya penggemar doel gak ke cewa

    BalasHapus
  6. Indosiar pelit nih season 5 kaga ditayangin andai aja season 5 dari rcti dah lengkap rasa penasaran gw tentang perubahan sikap sarah sadi cemburuan banget ama si doel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama padahal season 5 banyak kejadian penting & crita penting dr kisah si doel. Eh malah gaada

      Hapus
  7. Si doel the movie 2 keren. Coba deh tonton di bioskop kesayangan anda.

    BalasHapus
  8. @indosiar... please season 5 ditayangkan ulang...biar Indosiar makin dicintai pemirsanya...jgn kalah dg stasiun yg lain.....😑

    BalasHapus
  9. @indosiar... please season 5 ditayangkan ulang...biar Indosiar makin dicintai pemirsanya...jgn kalah dg stasiun yg lain.....😑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sy jrg nonton tv. Jadwal si doel di indosiar kpn?

      Hapus
  10. semua orang pada penasaran doel season 5, karna rcti juga gak ada ,,,,

    BalasHapus
  11. Kalo bisa ditayangkan ulang lagi si doel season5 nya..saya blom liat.

    BalasHapus
  12. @indosiar...
    Boleh gak kalau saya alat rekam sidoel anak sekolahan 1 2 3 4 5

    BalasHapus
  13. iya nih season 5 paling ditunggu banget...penasaran soalnya waktu si doel tayang di TV ane masih kecil jadi kalaupun nonton ga terlalu ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah saya juga nunggu season 5, sama juga dulu aku msi kecil ga ngerti jadinya ga nonton

      Hapus
  14. Setuju sama admin, si doel anak gedongan scr keseluruhan ckup buruk..karakter mandra jg trlalu bnyak marah marahnya...dan untuk emnonton si doel the movie, ada beberapa bagian dr si doel anak pinggiran yg hrs kita abaikan critanya...yakni soal anak doel.

    BalasHapus
  15. SDAS Season 5 ada di Indosiar, sementara copynya di Karnos film rusak. Mudah2xan Indosiar berbesar hati melepas hak milik atau setidaknya bisa diputar kembali di Indosiar. Saya rasa tidak masalah kalau RCTI dan Indosiar masing2 rerun SDAS miliknya

    BalasHapus
  16. si Doel memang cerita novel yang menarik

    BalasHapus
  17. Kalo gak bikin petisi aja biar indosiar mau nayangin SDAS season 5, bener2 penasaran banget soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yokk bikin, gya sebagai penggemar setia penasaran bgt ama season 5 inihh

      Hapus
  18. Mau download si doel anak sekolahan full season dmna yaa?

    BalasHapus
  19. Semoga Indosiar berbesar hati menyiaekan ulang season 5 yang sangat ditunggu penggemarnya dan jutaan penggemar akan mengucapkan terimakasih dan penghargaan buat Indosiar

    BalasHapus
  20. Download film si Dul 1 sampe 7 dimana min

    BalasHapus
  21. Sampai saat ini gak ada tayangan adas season 5 di tv atau pun youtube???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mau cari Sidoel Season 5 ,
      Coba dong download ini :
      .
      https://ratu-templates.blogspot.com/2021/03/sideol-anak-sekolahan-full-season-1-7.html?m=1
      .
      File nya gede banget

      Hapus
  22. Yang mau cari Sidoel Season 5 ,
    Coba dong download ini :
    .
    https://ratu-templates.blogspot.com/2021/03/sideol-anak-sekolahan-full-season-1-7.html?m=1
    .
    File nya gede banget

    BalasHapus
  23. drg.Rakhmat Adi Prayitno PW MARS7 Agustus 2021 pukul 15.39

    Akan Lebih menwrik jiks saat Si Doel nikahin Sarah ya seharusnya Si Doelnya yang ngalah lah ngikut agamanya Sarah (dibaptis masuk agama kristen) dan Pemberkatan di Gereja�� kan sudah seharusnya laki2 yang gentleman itu rela berkorban membuktikan cintanya demi perempuan yang dicintainya. Btw ya mendingan Sarah kemana2 lah, udah Syantieq baik Tajir melintir pula ��

    BalasHapus