Senin, 20 Agustus 2018

ASIAN GAMES 2018 (Sepakbola)


Grup A
Indonesia vs Hong Kong
Pertandingan terakhir dari grup A mempertemukan antara tuan rumah Indonesia menghadapi Hong Kong.

Bertanding di stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, Indonesia mendapat dukungan penuh dari puluhan ribu suporternya.

Indonesia yang mengincar kemenangan bermain kurang lepas di babak pertama. Sementara Hong Kong bermain dengan tempo lambat untuk mengatasi permainan cepat Beto Goncalvez dkk.

Di menit 32’ Irfan Jaya memiliki kesempatan untuk memberikan umpan-setelah meneruskan bola dari kaki Beto-namun upayanya masih mampu digagalkan Yuen Ho Chun.

Hong Kong yang tampil lebih tenang berhasil mencetak gol di menit 38’ melalui kapten kesebelasan, Lau Hok Ming yang lepas dari pantauan Hansamu Yama. Hong Kong unggul sementara atas Indonesia.

Tertinggal terlebih dulu membuat Indonesia tersengat, hasilnya beberapa peluang mampu diciptakan ke gawang Hong Kong, salah satunya melalui tendangan keras Rezaldi Hehanusa dari luar kotak penalti. Namun usahanya masih dapat digagalkan oleh kiper.

Pada menit 45’, sempat terjadi insiden antara Hansamu Yama dengan Lilley Nunez di area pertahanan Hong Kong, saat momen tendangan sudut. Keduanya terlibat tarik menarik hingga menyebabkan mata Lilley Nunez lebam akibat terkena kepretan tangan Hansamu.
Babak pertama berakhir untuk keunggulan Hong Kong.

Babak kedua baru berjalan, Indonesia langsung melakukan serangan ke jantung pertahanan Hong Kong. Hasilnya, di menit 46’ Irfan Jaya mampu menceploskan bola ke gawang Hong Kong usai mendapat umpan terobosan dari Stefano Lilipaly. Indonesia 1, Hong Kong 1.

Indonesia terus mengurung Hong Kong sepanjang babak kedua, beberapa peluang didapatkan Evan Dimas dkk, diantaranya melalui tendangan bebas Rezaldi Hehanusa yang sayangnya masih mampu ditepis oleh Yuen Ho Chun.

Pada menit 85’ Indonesia kembali mampu menciptakan gol melalui sepakan Stefano Lilipaly. Bule yang melakukan akselerasi diantara hadangan pemain Hong Kong memberikan umpan kepada Beto, yang kemudian diteruskan kepada Stefano Lilipaly, dan pada akhirnya dikonversi menjadi gol. Indonesia leading 2-1.

Tertinggal dari Indonesia, Hong Kong mulai keluar menyerang. Namun, rapatnya pertahanan Indonesia membuat C L Tan dkk gagal menyamakan kedudukan.

Indonesia justru mampu menyarangkan gol ketiganya di menit 90+4’ melalui serangan balik dari sisi kanan. Stefano Lilipaly mengirimkan umpan ketengah yang kemudian mampu diteruskan Hanif Sjahbandi ke gawang Hong Kong.

Gol Hanif Sjahbandi sekaligus menjadi gol penutup pada pertandingan tersebut. Indonesia menyudahi pertandingan dengan kemenangan 3-1 atas Hong Kong.

Dengan hasil ini, Indonesia berhak lolos sebagai pemuncak klasemen grup A dengan poin 9, disusul Palestina dengan 8 poin, dan kemudian Hong Kong dengan 7 poin.

China Taipei vs Laos
Pertandingan lainnya dari grup A mempertemukan antara China Taipei menghadapi Laos, yang berlangsung di stadion Pakansari, Bogor.

Taipei membuka peluang melalui Lai Chihhsuran di menit 3’, namun usahanya mampu diamankan kiper.

Laos justru berhasil menggetarkan jala Taipei melalui Chansamone Phommalivong di menit 5’. 0-1 Laos memimpin.

Di babak kedua, pada menit 73’ Laos kembali mendapat peluang melalui titik putih, usai Wo Yenshu melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Tiny Bounmalay mampu mengeksekusi tendangan penalti dengan baik, sekaligus membawa Laos unggul dua gol atas Taipei.

Memasuki menit 84’ Taipei sempat mendapat peluang melalui Yu Chieh Tsuu, namun upayanya masih belum menemui sasaran.

Menjelang akhir pertandingan, Laos berupaya menciptakan gol ketiganya, namun usaha Bounphacnan Bounkong masih melenceng dari sasaran.

Laga berakhir untuk keunggulan Laos atas China Taipei dengan skor 0-2. Hasil ini tidak berpengaruh terhadap peluang kedua tim, dimana keduanya sudah dinyatakan gagal lolos dari fase grup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar