Senin, 20 Agustus 2018

ASIAN GAMES 2018 (Sepakbola)


Grup C
Timor Leste vs Suriah
Pertandingan terakhir di grup C, mempertemukan antara Timor Leste melawan Suriah, yang berlangsung di stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Timor Leste yang belum mendapat poin tampil  lepas. Sementara Suriah yang tampil lebih menekan masih kesulitan menembus gawang Timor Leste yang dikawal Raul Aderito Fernandes.

Di menit 15’ pemain Suriah melakukan kesalahan dengan memberikan bola tanggung kebelakang yang kemudian mampu dimanfaatkan oleh Rufino Walter Gama menjadi gol. 1-0 Timor Leste unggul.

Tertinggal satu gol membuat Suriah meningkatkan intensitas serangan. Beberapa peluang Suriah masih mampu diselamatkan penjaga gawang Timor Leste. Salah satunya melalui Hussein Al Shuayb, namun upayanya masih mampu ditepis penjaga gawang.

Baru pada menit 32’ Suriah berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan keras Zakria Hannan dari dalam kotak penalti.

Suriah membalikan kedudukan lewat Abdulhadi Shalha di menit 43’ memanfaatkan umpan dari Mahmood Albahar.

Memasuki babak kedua, Mohammed Kamel Koaeh memperlebar jarak melalui golnya di menit 50’, diikuti gol kedua dari Shalha empat menit kemudian, membuat Suriah sementara unggul telak 1-4 atas Timor Leste.

Pada menit 61’ Zakria Hannan hampir mencetak gol keduanya, jika saja sepakanya dari dalam kotak penalti tidak digagalkan kiper Timor Leste.

Suriah yang terus menggempur pertahanan Timor Leste kembali mendapatkan peluang di menit 74’, melalui aksi individu Ahmad Al Ahmad di area penalti, namun umpannya gagal dieksekusi dengan baik oleh Mouhamad Anez.

Asik menyerang membuat pertahanan Suriah longgar. Kesempatan ini berhasil dimanfaatkan Timor Leste untuk mempercekil kedudukan di menit 84’, melalui gol Silveiro da Silva Garcia, memanfaatkan umpan Rufino Gama  yang lepas dari perangkap offside.

Dua menit kemudian Timor Leste hampir menciptakan gol ketiganya melalui kerja sama Junior da Costa dengan Rufino Gama dan Silveiro da Silva Garcia, namun upaya mereka masih belum mengarah ke gawang.

Menjelang akhir pertandingan, Shalha kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk ketiga kalinya di menit 90+1. Memanfaatkan umpan Ahmad Al Ahmad yang kemudian dikonversi menjadi gol.

Skor 2-5 menutup laga pamungkas di grup C untuk keunggulan Suriah.

UEA vs China
Diwaktu yang sama, pertandingan lainnya dari grup C antara UEA melawan China berlangsung di stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

UEA harus menutup laga terakhir dengan kemenangan untuk bisa lolos dari babak penyisihan. Mengingat Suriah akan menghadapi lawan yang lebih mudah di laga lainnya.

Angin segar sempat menghinggapi kubu UEA setelah Mohamed Al Mesmari mencetak gol di menit 32’, membuat UEA untuk sementara unggul atas China.

Tertinggal lebih dulu membuat China menaikan tempo permainan, hasilnya di menit 39’ Wei Shihao mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol penyeimbang melalui pergerakan dari kiri yang kemudian diselesaikan dengan tendangan keras ke arah gawang.

UEA mencoba membalas melalui Khaled Aldhanhani yang memanfaatkan bola liar, namun upayanya gagal berbuah gol.

Di menit 60’ lewat tendangan bebas Rashed Musabbah, UEA kembali mendapat peluang, namun sepakannya masih melebar.

China kembali mencetak gol ke gawang UEA melalui tendangan jarak jauh Yao Junseng di menit 71’ yang gagal diantisipasi oleh penjaga gawang. China membalikan kedudukan menjadi 1-2.

Memasuki menit 85’ China hampir memperlebar keunggulan atas UEA lewat Wei Shihao, namun upayanya masih melebar.  

Hingga laga usai, China berhasil mempertahankan keunggulan atas UEA, menjadikan tim besutan Massimiliano Maddaloni ini sebagak juara grup C.

Sementara peluang UEA untuk lolos ke babak knock out semakin kecil, setelah di pertandingan lainnya Suriah berhasil mengandaskan Timor Leste dengan skor telak 2-5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar