Minggu, 01 September 2013

[Masih] Tentang Program Misteri

Melanjuti postingan sebelumnya tentang NostalgiaProgram-Program Misteri di TV. Postingan kali ini masih ada hubungannya sama program misteri, tapi kali ini gue mau membahas tentang program misteri di masa sekarang. Kalau diperhatiin ada yang berubah dari peta penayangan program misteri (promis) saat ini, mulai dari stasiun televisi yang menayangkan hingga ke jam tayang yang lebih bervariatif dibandingkan dengan promis era sebelumnya.
            Munculnya program televisi bergenre misteri pada saat ini tidak lepas dari dua program yang sempat tayang beberapa waktu atau bahkan beberapa tahun yang lalu setelah runtuhnya era promis di pertelevisian Indonesia. Kedua program tersebut adalah Scary Job (Trans7) dan Siapa Takut? (Antv).
            Sebenarnya kedua program tersebut lebih mengepankan unsur komedi daripada unsur misterinya. Tapi meskipun komedi, program tersebut mampu memunculkan kesan seram melalui lokasi dan make up “hantunya.” Untuk program Scary Job sendiri pada awalnya bukanlah program misteri, melainkan program uji keberanian yang melibatkan artis-artis dalam melakukan pekerjaan yang menantang dan diluar kebiasaan, seperti pembersih jendela, pengantar jenazah, dsb. Nah, setelah episode pengantar jenazah inilah program Scary Job mulai beralih menjadi program misteri, tetapi konsepnya masih sama yakni melibatkan para artis untuk menelusuri tempat-tempat yang katanya angker.
            Nasib kedua acara tersebut pun sama dengan pendahulunya, menghilang dari peredaran dan tak tau rimbanya. Barulah setelah program tersebut berhenti tayang, muncul beberapa program baru yang hampir secara keseluruhan didominasi oleh Transcorp (Trans Tv & Trans7). Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan dari program misteri yang sedang eksis di layar TV kita berdasarkan pengamatan gue :

  1. Mister Tukul Jalan-Jalan (Trans7)

             Sebenarnya program Mister Tukul Jalan-Jalan (MTJJ) gak melibatkan unsur misteri di dalamnya. Program ini hanya mengangkat seputar kebudayaan setempat atau hal-hal unik di beberapa daerah yang dikunjungi oleh Tukul Arwana. Hingga pada suatu ketika, MTJJ mengangkat tema urban legend di Jakarta di salah satu episodenya, dimana episode tersebut menurut gue cukup bagus dan keren. Pada episode tersebut Tukul di temani oleh Citra Prima selaku nara sumber dan salah satu bintang tamu yang gue lupa siapa orangnya, tapi yang pasti perempuan.
            Mulai dari episode itulah program MTJJ mulai beralih menjadi program misteri yang mengangkat cerita atau tempat-tempat yang dikenal angker. MTJJ menurut gue sih cukup bagus, penelusurannya juga lengkap dan cukup mendalam. Belakangan MTJJ juga melibatkan seorang ahli/ paranormal yang selain memiliki kemampuan mendeteksi keberadaan makhluk gaib (astral) juga mampu dalam memvisualisasikan rupa makhluk halus di lokasi dalam bentuk lukisan.
            Setelah bulan puasa tahun 2013, program MTJJ mulai 100% beralih menjadi program misteri, hal ini dapat dilihat dari judul program yang sedikit berubah menjadi “Mister(i) Tukul.” Meskipun begitu, konsep acara masih sama dan tidak berubah, masih melibatkan bintang tamu perempuan yang cenderung kurang terkenal serta tetap melibatkan paranormal dan nara sumber yang katanya bisa melihat dan berinteraksi dengan makhluk halus.

  1. [Masih] Dunia Lain (Trans7) 

Promis yang satu ini merupakan kelanjutan dari promis yang pernah populer di masanya, yakni Dunia Lain. Menambahkan kata [masih] di judulnya mengindikasikan program DL kemungkian pernah di bane sama komisi penyiaran di negeri ini, hal ini merujuk pada program Empat Mata yang sempat di bane oleh KPI selama kurang lebih satu bulan, dan kemudian tayang kembali dengan judul [Bukan] Empat Mata.
Sepertinya bukan hanya judulnya yang berubah, tetapi hampir keseluruhan segmen di [Masih] Dunia Lain (MDL) ini juga banyak berubah, mulai dari host, stasiun tv yang menayangkan, jam tayang, serta segmen di program tersebut juga mengalami perubahan. Sebelumnya Dunia Lain ditayangkan di Trans Tv, dengan host Hari Pantja, selain itu waktu penayangan masih bisa “dijangkau” oleh pemirsa setianya, dan yang paling kentara adalah  segmen uji nyali, dimana segmen uji nyali di MDL ditempatkan sebagai segmen utama dan mungkin satu-satunya segmen yang ditawarkand dari program tersebut.
Dilakukan selama dua malam, uji nyali diharapkan mampu meningkatkan animo penonton terhadap program ini. Tapi, sampai saat ini uji nyali yang ditayangkan ternyata tidak (atau belum) mampu menandingi uji nyali di DL, yang mana pada saat itu DL mampu menunjukkan bentuk penampakkan dari makhluk halus secara jelas dan lama seperti yang terjadi pada episode Lawang Sewu (menurut gue ini episode DL terbaik sepanjang penayangan program tersebut).
Belakangan MDL mulai menambah segmen penelusuran di awal program, meskipun hanya secuil dan agak garing tapi lumayan bisa memberikan penyegaran terhadap program tersebut yang menurut gue ngebosenin gilaaaaak.

  1. Oh.. Ternyata (Trans Tv) 

Hampir sama dengan program Scary Job dan Misteri Tukul Jalan-Jalan, program yang satu ini pada awalnya mengangkat cerita yang dikemas dalam bentuk sketsa drama, cenderung ke komedi sih. Tapi entah kenapa program ini tiba-tiba berubah jadi program misteri, mengikuti jejak pendahulunya. Sebenarnya ceritanya gak terlalu seram, bahkan gak ada seram-seramnya, tayangnya pun pukul 19.00, jelas gak ada seram-seramnya ini program.
Kalau dari segi akting pemainnya, menurut gue sih gak ada yang spesial begitupun dengan akting hantunya. Malah menurut gue cenderung lucu dibanding seram, selain itu cerita yang diangkat juga kurang familiar atau mungkin itu cerita baru yang mereka buat sendiri, jadinya gue agak canggung nontonnya lantaran belom kenal sama hantunya (loh...?!).

  1. Dua Dunia (Trans7) 

Program yang satu ini hampir sama dengan program misteri kebanyakan, tapi bedanya disini lebih mengangkat hal mistis dari perspektif agama melalui peran mediator sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib. Tapi secara pribadi gue gak terlalu suka sama program ini, kalau ingin memperkuat iman sih menurut gue lebih baik datang ke ulama atau ahli agama serta memperdalam kitab suci aja, gak perlu datang ke tempat angker sambil nanya-nanya ke makhluk gaib segala.
Walaupun lebih mengedapankan unsur agama di dalam programnya, tapi kesan seram tetap bisa dirasakan melalui tingkah laku mediator saat dirasuki makhluk gaib serta backsound yang kadang cukup bikin kaget dan memperkuat kesan seram dari program tersebut. Acara ini dibawakan oleh beberapa host yang tampil bergantian di tiap episodenya,  yang gue tau cuma Indah Rahardjo doang lantaran doi pernah ikut reality show the Casting di Trans7 bareng sama April Jasmine, istrinya ustad Solmed. Selain itu juga ada ustad selaku nara sumber di dalam program ini.

  1. Indigo (Trans Tv) 

Kayaknya sih ini program udah ilang dari peredaran, secara udah gak pernah liat lagi iklannya di Trans tv. Tapi berhubung belum terlalu lama ilangnya, jadinya tetap kita bahas aja disini. Secara penampilan sih masih sama dengan program-program misteri kebanyakan, tapi disini lebih menekankan pada sosok anak/orang dewasa yang punya kemampuan khusus atau yang biasa di sebut Indigo.
Dibawakan oleh Vira Razak, program ini termasuk cukup memberikan warna baru bagi program misteri pertelevisian di Indonesia. Program yang dikemas dalam bentuk wawancara ini tetap menyajikan kengerian tersendiri melalui reka ulang atau ilustrasi cerita yang kadang menampilkan sosok menakutkan di dalamnya. Selain itu backsound yang digunakan merupakan lagu-lagu etnik yang terkadang bisa bikin merinding kalau ditonton sendirian.
Meskipun begitu, Indigo bukanlah program misteri favorit bagi gue, lantaran sesi wawancaranya yang cukup ngebosenin, selain itu juga karena topik yang diangkat gak selalu hal-hal yang berbau hantu-hantuan, melainkan juga mengangkat soal kemampuan anak Indigo dalam mengobati orang-orang yang menderita penyakit tertentu atau mengalami gangguan dalam hal gaib. Kalau menurut gue sih itu cukup ngebosenin, walaupun masih jauh lebih ngebosenin segmen uji nyali nya MDL.

  1. Jejak – Jejak Misterius (Trans7) 

Program yang satu ini merupaka kelanjutan dari program misteri Ekspedisi Alam Gaib, yang pernah ditayangkan di stasiun tv yang sama (waktu itu bernama TV7). Dari segi cerita, program ini memiliki konsep yang sama dengan pendahulunya, namun yang membedakan adalah objek yang diburu kali ini lebih luas segmentasinya, tidak melulu makhluk astral.
Penelusuran biasanya dilakukan di tempat-tempat yang jarang dijamah manusia, seperti hutan, gunung, gua, bahkan danau. Namun hampir di setiap episodenya tidak pernah ditemukan makhluk atau sosok yang dicari, melainkan hanya sebatas ilustrasi yang digambarkan dalam bentuk sketsa berdasarkan penuturan saksi mata/ warga setempat.
Episode yang paling lumayan menurut gue adalah ketika tim pemburu misteri ini melakukan penelusuran ke sebuah danau di daerah Sulawesi. Konon danau tersebut merupakan danau purba yang terbentuk dari letusan gunung berapi pada zaman prasejarah. Dikarenakan riwayat danau yang sangat tua, sehingga warga setempat meyakini bahwa di danau tersebut bermukim makhluk purba dengan bentuk dan ukuran yang sangat besar, mirip-mirip ceritanya Nessy di danau Loch Ness deh.
Menurut gue pribadi sih promis yang ini pada awalnya cukup meyakinkan, lantaran mengangkat legenda misteri masyarakat setempat dengan cara yang mirip-mirip National Geographic. Tapi semakin kesini cerita yang diangkat semakin gak jelas dan kurang meyakinkan, lantaran target buruannya merupakan makhluk-makhluk “biasa” dengan cerita tak biasa. Seperti cerita buaya putih, Kelinci putih penunggu gunung, hingga sosok manusia yang menjelma menjadi harimau di daerah Jawa Barat.

*******

Demikianlah ulasan gue mengenai program misteri yang sedang atau pernah eksis dalam beberapa waktu ini. Seandainya masih ada yang kurang mungkin bisa sekalian ditambahin di komennya. Terima kasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar