Minggu, 29 September 2013

Sensasi Rasa Pedas

Gue suka makan. Tentu, emang siapa yang gak suka makan? Sebagai kebutuhan pokok, makan akan selalu menjadi bagian dari kehidupan manusia. Seiring berjalannya waktu aktivitas rutin ini pun berkembang mengikuti zaman, mulai dari jenis makanan hingga ke tata cara makan yang semakin lama semakin bervariatif. Gue gak akan membahas tentang tata cara makan atau apapun tentang resep memasak, meskipun gue sendiri “jago” masak (terutama air rebus, jagung rebus, dan mie instan).


            Makan bagi gue merupakan aktivitas yang cukup menggembirakan, biasanya nafsu makan gue bertambah dikala suasana hati lagi gak bagus atau disaat lagi pusing sama tugas. Singkatnya, ketika gue sedang tertekan ataupun gelisah, makan merupakan kegiatan yang dapat mengobati kegelisahan gue. Minimal nyemil snack lah, sandwich telur+nugget sama susu kental manis gitu biasanya hehehe..
            Ada satu kebiasaan yang selalu gue lakukan ketika sedang makan cemilan ataupun makan makanan berat; menambah saus sambal, cabe rawit, cabe bubuk, sambel, dsb. kedalam makanan. Mungkin keliahatannya biasa aja kali ya? makan apapun untuk kebanyakan orang Indonesia pasti selalu disertai sambal, minimal cabe rawit lah. Tapi bagaimana kalau kesemua jenis sambal itu disatukan dalam satu jenis sajian? Pasti agak kurang biasa kali ya untuk sebagian orang. Tapi bagi gue itu justru mengasyikkan, dimana gue bisa memuaskan kecanduan  gue akan rasa pedas dengan segala macam jenis sambal maupun cabe.
            Gue pernah makan mie rebus, dengan tambahan saus sambal, ditambah irisan cabe rawit, terakhir dikasih taburan cabe bubuk. Beuh, rasanya mantaaaaap. Selain pedas, ada juga rasa gurih dari bubuk cabenya, pokoknya maknyuuuuuuuus.. Gak hanya makan mie instan, makan nasi goreng pun tetap gak bisa lepas dari yang namanya tambahan sambal ataupun cabe rawit. Gue biasa masak nasi goreng dengan ekstra cabe rawit, cabe merahnya biasanya gue kasih satu aja. Karena selain gak menimbulkan rasa yang terlalu pedas, motongnya juga agak ribet, harus nyerong dan tipis-tipis, gue kurang suka.
            Gue pernah bikin nasi goreng dengan dua puluh biji cabe rawit, sementara nasi gorengnya gue takar sebanyak satu piring penuh aja. Gak hanya sampai disitu aja, dirumah kan suka ada sambel botolan yang kalau menurut iklannya tuh rasanya super pedas,  biasanya suka gue ikut sertakan sebagai tambahan bumbu nasi goreng gue. Atau kalau malamnya abis beli ayam bakar terus sambelnya gak dimakan, biasanya gue jadiin bumbu tambahan buat nasi goreng. Rasanya ya kayak makan nasi goreng rasa sambel ayam bakar gitu sih, tapi pedesnya nampol banget, ciyus enelan.
            Setelah jadi, gue suka menambahkan irisan cabe rawit lagi (diluar cabe rawit yang dipakai sebagai bumbu nasi goreng) serta taburan sambel bubuk. Gimana rasanya, super enak dan ekstra pedaaaasss. Meskipun tergolong suka makanan pedas, bukan berarti gue sanggup makan makanan pedas secara terus menerus, ada kalanya gue harus istirahat makan pedas supaya perut gue gak merasa disiksa oleh yang punya perut hehehe..
            Selain itu, gue termasuk orang yang suka liat tempat kalau mau makan pedas. Bukan karena faktor kebersihan dsb, tetapi supaya gak ngerepotin diri sendiri nantinya. Maksudnya? Ya supaya ngehindarin sakit perutnya itu, kalau makan pedasnya dirumah, berarti kalau mules kan gak perlu pusing mau BAB dimana. Beda ceritanya kalau makan pedesnya di luar, atau lagi jalan-jalan ke tempat wisata, aduuuuuh.. itu kalau udah sakit perut bingungnya minta ampun. Meskipun WC di tempat tersebut besih, tapi buat gue pribadi tetap merasa gak nyaman kalau harus BAB di sana.
            Demikian pengalaman singkat gue tentang makan makanan pedas, mungkin di luar sana masih banyak orang yang makannya jauh lebih ekstrim dari pada gue. Meskipun bukan pecinta kuliner, tapi setidaknya hobby gue yang satu ini bisa meningkatkan kemampuan gue di bidang lain, yakni memasak. Mungkin lidah gue masih belum terpuaskan dengan rasa pedas yang pernah gue coba, tapi bagaimanapun gue akan terus mencari rasa pedas yang teramat pedas dari setiap makanan yang gue buat. Akhir kata, selamat makan dan jangan lupa sambelnya J.

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar