Kamis, 23 Agustus 2018

ASIAN GAMES 2018 (Sepakbola)

Iran vs Korea Selatan
Pertandingan lanjutan dari babak 16 besar mempertemukan antara Iran melawan Korea Selatan (Kors), yang berlangsung di stadion Wibawa Mukti, Cikarang

Korsel yang tampil dengan materi terbaiknya tampil menekan sejak menit awal. Son Heung Min mendapat peluang di menit 11’ usai berhasil lolos dari kawalan dua pemain Iran, sayang tendangannya masih jauh melebar di sisi gawang.

Di menit 18’ giliran Hwang Inboem yang mengancam gawang Iran, namun tendangan masih membentur tiang gawang. Dua menit kemudian, Lee Seungmo nyaris mencetak gol untuk Korsel jika saja tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak melebar.

Terus ditekan Korsel, Iran mencoba keluar menyerang. Hasilnya di menit 23’ Iran mendapat peluang melalui Mohammadmehdi Mehdikhani. Memanfaatkan kesalahan pemain Korsel dalam membuang bola, Mehdikhani melakukan tendangan keras dari sisi kiri, namun sepakannya masih melebar.

Pada menit 26’, Iran kembali mendapat peluang melalui umpan silang, sayang tandukan Younes Delfi masih terlalu lemah.

Iran kembali mengancam gawang Korsel melalui Mehdikhani, namun tendangannya dari luar kotak penalti masih mampu diselamatkan Jo Hyoen Woo.

Korsel akhirnya mampu mencetak gol di menit 39’, melalui sontekan Hwang Ui Jo yang memanfaatkan umpan tarik Hwang Inbom.

Babak pertama berakhir untuk keunggulan Korsel, 1-0.

Di babak kedua, Korsel terus mengancam pertahanan Iran. Hasilnya di menit 55’ melalui tendangan keras dari luar kotak penalti, Lee Seungwoo mencetak gol kedua bagi Korsel.
2-0 Korsel unggul atas Iran.

Menit ke 59’ Korsel memasukan Song Bumkeun, menggantikan peran Jo Hyeon Woo di bawah mistar gawang.

Korsel kembali mendapat peluang pada menit 64’ Son Heung Min yang mengirimkan umpan kepada Hwang Ui Jo, namun sayang aliran bola terlalu deras sehingga sulit dicapai Hwang.

Tertinggal dua gol membuat Iran berusaha memperkecil ketertinggalan. Di menit 81’ Ahmadreza Ahmadvand melakukan tendangan keras dari di luar kotak penalti, namun sepakannya malah membentur rekan setimnya, Younes Delfi, sehingga membuat bola melambung meninggalkan lapangan.

Menjelang akhir pertandingan, di menit 90+1 Iran kembali melakukan upaya untuk memperkecil kedudukan lewat tendangan Aref  Aghasi Kolahsorkhi, sayang sepakannya masih melebar tipis dari gawang.

Menit 90+3 Korsel hampir menambah keunggulan melalui Hwang Ui Jo, hanya saja umpan Kim Moonhwan masih terlalu deras sehingga Hwang gagal memaksimalkan peluang tersebut.

Pertandingan berakhir untuk kemenangan Korsel 2-0 atas Iran. Dengan hasil ini Korsel berhak maju ke babak perempat final, menghadapi Uzbekistan.

Vietnam vs Bahrain
Di waktu yang sama, pertandingan babak 16 besar lainnya yang mempertemukan antara wakil Asean, Vietnam, menghadapi Bahrain berlangsung di stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi.

Vietnam mengawali pertandingan dengan tampil menyerang. Menit ke 5’ Phan Van Duc melakukan tendangan, namun upayanya masih melebar.  

Memasuki menit 31’ Nguyen Anh Duc mengancam gawang Bahrain, sayang tandukannya masih melebar.

Bahrain balik mengancam pertahanan Vietnam melalui aksi Mohammed Marhoon di menit 37’, melakukan kerja sama 1-2 dengan Hashim, Marhoon mendapat umpan terobosan ke dalam kotak penalti Vietnam, namun sepakannya masih mampu dihalau dengan kaki oleh kiper Vietnam, Bui Tien Dung.

Satu menit kemudian giliran Abdulrahman Ahmedi yang mengancam gawang Vietnam, memanfaatkan bola muntah pada saat sepak pojok, sontekannya masih melambung tipis di atas gawang.
Petaka bagi Bahrain terjadi di menit 41’, Ahmad Sanad harus meninggalkan lapangan usai menerima kartu merah dari wasit, karena melanggar Vu Van Thanh pada saat perebutan bola.

Babak pertama ditutup dengan skor imbang, 0-0.

Di babak kedua, Bahrain memperoleh peluang emas melalui tendangan bebas di menit 63’, sayang sepakan keras Mohammed Marhoon hanya menerpa mistar gawang.

Vietnam yang tampil lebih menekan mendapatkan peluang di menit 70’ melalui kepala Ha Duc Chinh yang menyambut tendangan bebas Nguyen Van Quyet, namun tandukannya masih mampu diamankan oleh kiper.

Menit 76’ Vietnam kembali mendapat peluang emas melalui tendangan Phan Van Duc, sayang bola yang sudah melewati kiper masih bisa digagalkan oleh kaki pemain belakang Bahrain.

Vietnam masih belum menyerah, Nguyen Van Quyet dkk terus menekan pertahanan Bahrain. Akhirnya di menit 87’ gol kemengan Vietnam tercipta melalui kaki Nguyen Cong Phuong. Memanfaatkan bola hasil sapuan bek Bahrain yang kurang sempurna, Cong Phuong menceploskan bola ke gawang Bahrain dengan tendangan kerasnya. Vietnam 1, Bahrain 0.

Hingga pertandingan selesai, skor tidak berubah. Vietnam memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Dengan hasil ini, maka Vietnam berhak lolos ke babak perempat final dan akan bertemu dengan wakil Asia Barat lainnya, Suriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar