Selasa, 28 Agustus 2018

ASIAN GAMES 2018 (Sepakbola)


Babak 16 besar
Indonesia vs UEA
Indonesia berhadapan dengan UEA pada pertandingan hari kedua babak 16 besar. Didukung puluhan ribu suporter, Indonesia bertekad memenangkan pertandingan demi lolos ke babak perempat final.

Bermain di stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Indonesia yang menggunakan jersey merah membuka peluang melalui Febri di menit ke 3’, sayang tendangannya masih belum dapat diteruskan dengan Beto.

Menit 13’ Evan Dimas mengirimkan bola lewat tendangan bebas ke area penalti UEA, sayang Hansamu gagal melakukan sundulan, bola dapat diselamatkan oleh kiper.

Indonesia mendapat hukuman penalti di menit 19’ usai Andy Setyo melakukan pelanggaran terhadap pemain UEA di area terlarang. Zayed Alamari berhasil mengeksekusi tendangan penalti dengan baik, sekaligus merubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan UEA.

Tertinggal lebih dulu membuat Indonesia keluar menyerang, sayangnya beberapa peluang yang diciptakan anak asuh Luis Milla masih belum mampu dimaksimalkan dengan baik.

Hingga turun minum kedudukan masih belum berubah, Indonesia 0, UEA 1

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali menekan pertahanan UEA. Masuknya Septian David Maulana membuat lini depan Indonesia jadi lebih hidup. Hasilnya, di menit 51’ Indonesia berhasil mencetak gol penyeimbang lewat sontekan Beto Goncalvez, memanfaatkan umpan silang Septian David Maulana.

Petaka kembali terjadi bagi Indonesia, di menit 63’ Hansamu Yama dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain UEA di area penalti. Zayed Alamari kembali yang ditunjuk sebagai algojo kembali sukses mencetak gol dari titik putih. Indonesia kembali tertinggal 1-2 atas UEA.

Indonesia belum mau menyerah, beberapa kali Febri Haryadi dkk mampu mengancam gawang UEA namun masih belum menghasilkan gol.

Hingga pada saat perpanjangan waktu, Indonesia mampu menyamakan kedudukan melalui Stefano Lilipaly yang memanfaatkan umpan dari Saddil Ramdani di menit 90’+4.

Indonesia mampu memperpanjang nafas hingga babak tambahan waktu.

Memasuki masa extra time, Indonesia yang berupaya memenangkan pertandingan sempat menciptakan beberapa peluang, salah satunya melalui upaya Septian David Maulana di menit 100’. Sayang, tendangannya masih mampu diselamatkan kiper.

Hingga 2x15 menit berakhir skor tetap tidak berubah, sehingga harus dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Di babak adu penalti, dua eksekutor Indonesia gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Sementara, Empat pemain UEA berhasil mengeksekusi tendangan penalti dengan sempurna. Indonesia 3, UEA 4.

Dengan hasil ini, UEA berhak lolos ke babak perempat final. Sementara bagi Indonesia, kekalahan ini memupus target Evan Dimas dkk untuk sampai ke semifinal.

China vs Arab Saudi
Di waktu yang sama China menghadapi Arab Saudi di stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi.

China yang lolos ke fase knock out dengan torehan mengesankan justru kesulitan menghadapi penampilan Alkhulaif Ayman Shafiq dkk.

Arab Saudi membuka gol lewat Haroune Moussa Camara di menit 16’, melalui serangan cepat di jantung pertahanan China. 0-1 Arab Saudi memimpin.

Pada menit 29’ Saudi kembali mencetak gol lewat Saad Ali Alselouli, memanfaatkan umpan terobosan di area penalti China.

China berusaha keluar dari tekanan Saudi melalui Wei Shihao di menit 31’, sayang upayanya masih melenceng dari sasaran.

Saudi justru kembali memperlebar kedudukan melalui Haroune Moussa Camara di menit 33’, setelah sebelumnya berhasil lolos dari perangkap offside. Saudi memimpin tiga gol atas China.

Babak pertama berakhir untuk keunggulan Arab Saudi.

Memasuki babak kedua, Saudi kembali berhasil memperlebar jarak atas China melalui hattrick Haroune Moussa Camara di menit 60’. Camara yang menerima umpan dari sektor kiri, berhasil melesakkan gol ketiganya pada pertandingan tersebut.

China baru mampu memperkecil ketertinggalan di menit 80 melalui eksekusi tendangan bebas Yao Junsheng. Skor 1-4 masih untuk keunggulan Arab Saudi.

China kembali mencetak gol melalui Huang Zichang pada menit 88’, setelah sebelumnya mengecoh pemain Saudi dengan tendangan memutarnya.

Menjelang pertandingan berakhir, Wei Shihao berhasil mencetak gol di menit 90’+5, memanfaatkan kelengahan lini belakang Saudi.

Pertandingan ditutup dengan keunggulan Arab Saudi atas China, dengan skor 3-4. Dengan hasil ini Arab Saudi berhak maju ke babak perempat final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar