Selasa, 31 Desember 2013

Antara Gue dan 2013

Tahun 2013 tinggal tersisa beberapa jam lagi, sebelum berganti menjadi 2014. Tentunya selama satu tahun tersebut banyak hal yang menurut gue cukup berkesan terjadi di tahun Ular Air tersebut. Diawali dari liburan ke Jepara pada pertengahan Februari lalu, yang mana menjadi liburan pertama buat gue dengan teman-teman satu organisasi selama gue bergabung sejak 2009. Sebelumnya, gue gak pernah ikut ambil bagian dalam acara liburan yang dilakukan teman-teman satu organisasi, cuma jadi penikmat foto-foto liburan mereka aja hehehe...
            Dari jalan-jalan itulah untuk pertama kalinya gue bisa singgah ke Semarang, satu-satunya ibu kota di Pulau Jawa yang belum pernah gue kunjungi. Dari Semarang, perjalanan di teruskan ke Jepara dan selama 5 hari gue besebrta 7 orang teman menikmati kota asal tokoh emansipasi wanita R.A Kartini. Yang gue suka dari Jepara adalah kotanya yang gak terlalu besar, sepi, dan gak ada macet, jadi bagi merasa butuh ketenangan dan perlu untuk mengasingkan diri dari kota besar, Jepara bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi kalau punya modal lebih, bisa juga jalan-jalan ke Karimun Jawa, tapi sebelum berangkat kudu liat-liat prakiraan cuaca dulu ya secara kalau musim hujan ombak di sana suka gede, jadi ya gak setiap saat kapal Ferry bisa mengangkut penumpang ke sana.

Tugu Jepara

Gerbang Objek Wisata Benteng Portugis

Kura-Kura Ocean Park, Pantai Kartini

Pantai Kartini

            Di bulan April 2013, menurut gue ini pengalaman yang paling berkesan karena pada saat itu untuk pertama kalinya gue bisa mewawancarai orang yang gue idolakan sejak lama, orang tersebut adalah Lucia Saharui. Sebenarnya idenya datang tiba-tiba, disaat gue lagi nonton TV dengan pikiran yang mengawang-awang, disitulah ide itu muncul hingga akhirnya mengantarkan gue ke hadapan Lucia Saharui pada Kamis, 25 April 2013 pukul 11.00 siang. Wawancara yang dilakukan di Lobi Grand Studio tersebut berlangsung lancar dan cukup menyenangkan lantaran memang Lucia sendiri cukup ramah dan gak kaku saat diwawancara, justru gue yang keliatan kaku kayaknya hehehe..

Wawancara Eksklusif buat Tabloid

             Dari wawancara itulah untuk pertama kalinya artikel gue dimuat dua halaman di tabloid kampus. Sebelumnya gue cuma pernah ngisi artikel seperempat halaman di tabloid serta beberapa ilustrasi dan komik strip, biasanya tulisan-tulisan gue cuma menghiasi lembaran demi lembaran di Newsletter dan Buletin kampus. Jadi gue sangat berterima kasih sekali kepada Lucia lantaran berkat wawancara itu artikel gue bisa dimuat full, bahkan dari wawancara tersebut muncul ide baru yang mana akan melanggengkan rubrik wawancara eksklusif di tiap edisi media kampus, aih senangnya hahahha..
            Setelah sukses dengan artikel tersebut, gue mencoba peruntungan dengan menulis di media profesional dengan cara mengirim artikel ke rubrik Poros Mahasiswa di harian Sindo. Ternyata artikel gue tembus dan dimuat, dari situ gue mulia rutin menulis, baik untuk blog maupun untuk dikirim ke media, selama satu bulan itu artikel gue pun dimuat dua kali. Meskipun senang dengan hasil tersebut, tapi entah kenapa penyakit lama gue kambuh lagi, MALAS. penyakit malas itu lah yang membunuh semangat gue, mula-mula gue males nulis di blog, kemudian berlanjut ke tulisan gue untuk media, dari situlah dalam waktu hanya semangat gue buat nulis ke media pelan-pelan memudar. Dari mulai nunda-nunda ngirim sampai akhirnya gak pernah ngirim sama sekali hingga saat ini, mungkin 2014 bisa menjanjikan semangat dan optimisme baru untuk mengembalikan kebiasaan menulis gue, semoga aja J
            Selain menulis, ada satu hal lain yang gue kembangkan di tahun ini, yakni menggambar. Menggambar udah jadi hobi gue sejak bocah, sejak kemana-mana masih pake kancut rider gue udah senang gambar, beruntungnya gue karena lingkungan gue cukup dekat dengan budaya menggambar. Kembali ke soal mengembangkan hobi menggambar, sejak masuk pers mahasiswa di kampus gue sering diminta untuk membuat ilustrasi baik untuk artikel maupun cover dari media. Maka dari situ gue mulai lebih serius dalam mengasah kemampuan menggambar gue, sejak tahun 2013 entah kenapa menggambar secara gak langsung bisa jadi jalan gue untuk menghubungkan diri dengan orang-orang tertentu. Gue pernah memberikan karikatur sebagai kenang-kenangan kepada Lucia Saharui dan Zackia Arfan, lebih kepada bentuk ucapan terima kasih sebenarnya kepada Lucia karena udah bersedia jadi nara sumber untuk tabloid kampus gue. Sementara Zackia Arfan lebih kepada kesalah pahaman aja, lantaran sebelumnya gue mengira kalau dia bakal dateng ke kampus gue sebagai salah satu pembicara dari Wide Shot dalam acara Pelatihan Jurnalisme Warga, ternyata bukan. Tapi karena udah dibuat rasanya gak afdol kalau gak dikasihin ke orangnya, jadinya ya gue anterin sekalian bareng karikaturnya Lucia ke Metro Tv J

Lucia & Karikatur

Karikatur Lucia

Karikatur Zackia

            Satu lagi, hal berkesan yang terjadi sepanjang tahun 2013. Sejak pertama kali gue buat blog, baru kali ini gue bisa sering posting ke blog ini. Sebelumnya dalam satu tahun untuk bisa posting 7 artikel aja udah bagus, tapi di tahun bisa nulis 20 lebih artikel merupakan pencapaian positif buat gue. Maka dari itu semoga tahun depan gue bisa lebih sering ngisi blog ini dengan tulisan-tulisan lainnya, meskipun isinya kurang bermanfaat hehehe.. tapi setidaknya artikel yang gue posting semuanya original buatan gue tanpa copas dari manapun, prestasi tersendiri buat gue J

            Demikian beberapa hal berkesan yang terjadi selama satu tahun ini, meskipun bukan sesuatu yang luar biasa sepertinya, tapi cukup memberikan kesan positif buat gue. semoga hal positif yang terjadi di tahun ini bisa terus berlanjut di tahun depan. Amiiiin J

Bonus: Anugerah Jurnalisme Warga 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar