Sabtu, 01 September 2018

ASIAN GAMES 2018 (Sepakbola)


Perebutan medali perunggu/ 3rd place
Vietnam vs UEA
Pertandingan memperebutkan medali perunggu mempertemukan antara Vietnam melawan UEA, berlangsung di stadion Pakansari, Bogor.

Vietnam yang tampil dengan didukung langsung oleh ribuan suporternya, bertekad mengukir sejarah menjadi tim ketiga dari Asia Tenggara yang mampu merebut medali perunggu di ajang Asian Games.

Babak pertama dibuka dengan serangan Vietnam ke area pertahanan UEA. menghasilkan beberapa peluang melalui sepak pojok, Nguyen van Quyet dkk belum berhasil mencetak gol ke gawang Mohamed Alshamsi.

Vietnam justru harus kebobolan di menit 17’ melalui sepakan keras Ahmad Alhashmi yang lepas dari hadangan pemain belakang Vietnam.
Vietnam 0, UEA 1.

Berhasil mencetak gol lebih dulu membuat UEA tampil lebih menekan, hasilnya beberapa peluang tercipta melalui Shaheen Aldarmki di menit 20’ dan Mohammed Almesmari di menit 25’, namun upaya keduanya masih melenceng dari sasaran.

Terus ditekan, Vietnam mencoba bangkit. Hasilnya, di menit 27’ Nguyen van Quyet berhasil mencetak gol penyeimbang memanfaatkan umpan Nguyen Anh Duc yang sebelumnya menerima umpan tarik dari Nguyen van Toan.

Berhasil menyamakan kedudukan, Vietnam meningkatkan tempo serangan, beberapa peluang pun tercipta, diantaranya melalui Vu van Thanh di menit 30’ dan Doan van Haubdi menit 45’+2, namun keduanya masih belum menemui sasaran.

Di babak kedua, UEA membuka peluang melalui Zayed Alameri di menit 46’ memanfaatkan serangan balik cepat, sayang sepakannya masih melebar di sisi kiri gawang.

Tiga menit kemudian, giliran Mohamed Almesmari yang mengancam gawang Vietnam, sayang upayanya masih belum menemui sasaran.

Memasuki pertengahan babak kedua, Vietnam mulai mengurung pertahanan UEA, sementara Zayed Alameri dkk hanya mengandalkan serangan balik guna mengancam pertahanan Vietnam.

Pada menit 86’ Vietnam mendapat peluang melalui tendangan jarak jauh Phan van Duc, namun upayanya masih mampu digagalkan oleh Mohamed Alshamsi.

Dua menit berselang, tepatnya di menit 88’ Tran Ming Vuong melakukan upaya yang sama dengan melakukan tendangan keras ke arah gawang, lagi-lagi masih mampu digagalkan oleh kiper.

Pham Xuan Minh tidak mau ketinggalan, masih di menit yang sama, memanfaatkan situasi sepak pojok, sundulannya masih melambung di atas gawang UEA.

Menjelang waktu normal berakhir, Vietnam kembali mendapat peluang dari tendangan bebas. Tran Minh Vuong nyaris mencetak gol jika saja sepakan kerasnya tidak digagalkan oleh Mohamed Alshamsi.

Hingga pertandingan usai skor imbang 1-1 tetap bertahan, sehingga harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Vietnam harus mengakui keunggulan UEA, setelah Nguyen Quang Hai dan Tran Minh Duc gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Sementara itu apresiasi patut ditujukan kepada kiper UEA, Mohamed Alshamsi, yang berhasil menggagalkan tendangan Tran Minh Duc dengan sangat baik, sekaligus membawa tim sepakbola UEA meraih medali perunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar