Minggu, 02 September 2018

ASIAN GAMES 2018 (Sepakbola)


Final
Cabor sepakbola Asian Games 2018 sudah memasuki babak final. Setelah melewati tahap penyisihan grup hingga fase knock out, dua tim terbaik akan berjuang habis-habisan demi memperebutkan medali emas.

Korea Selatan vs Jepang
Mempertemukan dua tim besar Asia; Korea Selatan (Korsel) dan Jepang di partai final, menjadikan final yang ideal bagi penikmat sepakbola, khususnya di Asian Games kali ini.

Korsel tampil dengan kekuatan terbaiknya, mengusung target medali emas demi terbebas dari kewajiban mengikuti wajib militer di negaranya, menjadikan Son Heung Min cs tampil dengan segenap kemampuan terbaiknya.

Sementara itu, Jepang yang tampil dengan materi pemain mudanya, berpeluang mengukir prestasi tertinggi sebelum mengejar target besar di event selanjutnya, Olimpiade 2020.

Berlangsung di stadion Pakansari, Bogor, Jepang membuka peluang melalui Ayase Ueda di menit ke 4’, namun bola masih belum menemui sasaran.

Dua menit kemudian, giliran Korsel yang mengancam pertahanan Jepang melalui Lee Jinhyun, sayang upayanya masih melenceng dari sasaran.

Korea mulai menguasai pertandingan, beberapa peluang berhasil mereka ciptakan diantaranya melalui Cho Yumin di menit 15’, namun masih melenceng dari gawang. Sementara peluang Hwang Ui Jo pada menit 23’  juga masih belum menghasilkan gol, setelah upayanya mampu digagalkan oleh kiper.

Jepang mendapatkan peluang emas beruntun di menit 28’ dan 30’, melalui aksi kapten kesebelasan, Koji Miyoshi, yang sayangnya masih bisa dipatahkan oleh Jo Hyoen Woo.

Korsel membalas melalui Hwang Ui Jo pada menit 38’, tapi lagi-lagi belum mampu mencapai sasaran.

Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, Korsel mengurung pertahanan Jepang yang hanya mengandalkan serangan balik. Beberapa peluang mampu diciptakan, diantaranya melalui Son Heung Min pada menit 55’ namun upayanya masih berhasil digagalkan oleh Ryosuke Kojima.

Jepang yang terus ditekan berhasil mendapatkan peluang setelah memanfaatkan kesalahan pemain Korsel di menit 68’, sayang tendangan Iwasaki Yuto masih melebar dari gawang.

Skor imbang tetap bertahan hingga waktu normal berakhir, sehingga harus dilanjutkan melalui babak extra time.

Di 15 menit pertama babak extra time, Korsel nyaris mencetak gol pertama melalui Son Heung Min. Memanfaatkan kesalahan Teruki Hara saat melakukan passing, Son langsung menggiring bola ke area penalti Jepang sebelum akhirnya melepaskan tendangan mendatar ke tiang jauh. Sayang peluang emasnya masih melebar tipis di sisi gawang.

Memasuki menit 93’, Korsel berhasil menciptakan gol melalui Lee Seungwoo yang memanfaatkan bola sodoran Son Heung Min di dalam kotak penalti. Korsel 1, Jepang 0.

Delapan menit berselang, tepatnya di menit 101’, Korsel kembali mencetak gol tambahan melalui sundulan Hwang Hee Chan, memanfaatkan umpan Son Heung Min saat situasi tendangan bebas. 2-0 Korsel memimpin.

Pada babak kedua extra time, Jepang berbalik menekan pertahanan Korsel, beberapa peluang mampu diciptakan Koji Miyoshi dkk namun masih belum menghasilkan gol.

Di menit 115’ Ayase Ueda mendapat peluang emas di depan gawang Korsel, namun tendangannya masih mampu dihalau Jo Hyoen Woo dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Jepang.

Ryo Hatsuse yang mengeksekusi tendangan sudut mengirimkan bola lambung ke dalam kotak penalti, dan langsung disambut dengan baik melalui sundulan Ayase Ueda. Jo Hyoen Woo dan pemain Korsel lainnya tidak mampu menjangkau bola, sebelum akhirnya masuk ke dalam gawang. Jepang memperkecil kedudukan menjadi 2-1.
Hingga waktu 2x15 menit berakhir, skor 2-1 tetap bertahan. Hasil ini sekaligus memastikan Korsel keluar sebagai pemenang dan berhak atas medali emas, sementara Jepang harus puas berada di posisi runner up dengan raihan medali perak. Selain itu, Son Heung Min dkk juga dipastikan akan dibebaskan dari panggilan wajib militer oleh pemerintah Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar